You are never forgotten

Beberapa hari yang lalu gue liat orang mirip sama opa gue. Postur tubuhnya dan mukanya mengingatkan gue sama the only grandpa I ever knew (karena opa dari bokap gue udah lama meninggal sebelum gue lahir).. dan ingatan itu melayang ke belasan tahun lalu….
OPA…. Gue cuma dikasih waktu 10 tahun untuk hidup bersama opa di dunia ini. Bagi seorang Irene yang masih kecil dengan rentang waktu sedikit dan ingatan yang terbatas, buat gue dia adalah sosok malaikat penjaga. My Guardian Angel.

DIa orang yang akan selalu berdiri di depan gue saat ada orang yang mau marahin gue termasuk oma, mama dan papa gue sendiri. Bagi seorang anak kecil, gimana kita ga ngerasa di bela dan dilindungi kalo di perlakukan seperti itu. Gimana mungkin gue ga sayang dengan seorang yang memperlakukan gue seperti itu. Mau gue salah, mau gue bener, dia akan selalu membela gue. Betapa senangnya punya opa seperti itu, kalo papa ngomel tinggal lari ke opa, kalo mama marah tinggal lari ke opa… hahahaha…. Dia ga pernah marah sama gue (paling tidak di ingatan gue ga ada memori itu). Misalnya, kalo gue jatuhin remote TV dia ga akan marah malah dia nanya “ kaki kamu ga ketimpa kan?” tapi kalo bibi ato bahkan oma jatuhin remote TV dia pasti akan ngoceh. Kalo berebutan maenan sama ade gue, uda pasti gue pemenangnya. Hehehe betapa senangnya… Tapi kondisi itu hanya bertahan 10 tahun….

Setelah dewasa kita mungkin akan berpikir, sikap seperti itu tidak sepenuhnya benar (selalu di bela meskipun salah), tapi bagi gue itu ingatan yang tetap ada sampai 13 tahun kemudian, karena memang itu yang gue rasakan dan alami.

Di hari-hari terakhir dia ( setelah sakit sakitan cukup lama) dia masih aja perhatian sama gue. Rajin nelponin kerumah cuma buat nanya gue udah makan apa belom? Makan sama apa? Waktu dia dirumah sakit, dia selalu nanya ke nyokap gue kapan gue dateng jenguk dia. Secara gue masih umur 10 tahun dan anak usia segitu ga boleh masuk RS. Gue inget banget, karena opa gue ribut terus minta gue dateng, bokap sampe ngakalin supaya gue bisa ngelewatin satpam. Dan begitu gue sampe dikamarnya, dia peluk gue lama banget sambil bilang “ yen opa uda siapin duit neh buat nyogok satpam kalo sampe kamu ga dibolehin masuk.” Haahahaha mantap dah opa gue, orang Indonesia hahahaha…. Dia juga suka duduk di kursi favoritnya di ruang tamu depan di rumah, sampe2 bisa ketiduran siang di kursi. Suatu hari dia abis makan obat terus tidur disitu, tiba2 dia teriak2 manggil oma gue “ yang… yang… ambilin duit dong, tuh si iyen mau beli es krim…” lah oma gue bingung, soalnya gue emang lagi ga disana. Pas disamperin ternyata opa lagi tidur dan ngigau… gue ampe terbawa di mimpinya…

Dia juga sering ngajak gue makan ber-2 ato ber-3 sama oma di KFC, kita naek motor ber-3 ke Gajah Mada Plaza, yang laen ditinggal dirumah hehehehe…Satu kebiasaan gue setiap gue ada di rumah Opa adalah setiap sore opa pulang kerja gue akan selalu siap bawain dia minuman kesukaannya, susu kacang, kemudian dia cium gue dan ngasih uang jajan ke gue hahahah kaya gue dapet uang jajan setiap hari. Kalo ada tukang mainan lewat, dia beliin maenan yang gue minta, meskipun maenan gue disana udah berkardus-kardus…Apa gue cucu kesayangannya dibandingkan yang lain??? I don’t think so… gue yakin dia juga menyimpan sayang yang sama besarnya sama cucu-nya yang laen. Tapi kenapa dia kelihatan lebih menyayangi gue?? Sampe2 adiknya pernah bilang, Irene yang paling sering dicaritain dan disebut2 ke orang laen. Cuma dia yang tahu jawabannya.

DIa sosok yang demikian sempurna buat gue yang berumur 10 tahun. Tapi ternyata manusia tidak ada yang sempurna, setelah dia pergi, dan gue bertambah dewasa, gue justru mulai tahu kekurangannya, sifat buruknya, perbuatannya dan sikapnya yang pernah mengecewakan oma, kekerasan hatinya. Tapi semua itu ga membuat rasa sayang gue berkurang… gue ga rela sosoknya yang sempurna bagi gue ternoda oleh kebenaran2 sekalipun…. Mungkin itu yang dinamakan kasih menutupi segala sesuatu… Kasih gue terlalu besar sehingga bisa menutupi semua kekurangan opa sebagai manusia biasa. Tapi sebesar apapun kasih itu, Tuhan lebih sayang sama opa. 3 Maret 1997, Opa di panggil pulang ke surga.
Suka iri kalau lihat orang masih punya opa. Masih bisa makan keluarga sama opa-nya, masih bisa manja2 dan main2 sama opanya. Masih bisa jalan2 bareng. Sekarang gue udah kerja, udah punya duit sendiri buat traktir opa makan di KFC, buat beliin dia barang yang dia mau, buat beliin susu kacang (sehari 3 kali kalo perlu heheheh), buat ajak dia jalan2, buat nyenengin dia, tapi gue ga bisa bawa dia dari surga buat makan di KFC. Gue ga punya kesempatan itu. Sesayang2nya gue sama opa, ga bisa bikin dia tetap disini.

Kalo ada orang yang kalian sayang dan punya kesempatan membahagiakannya, maka jangan pernah tunda…kesempatan itu mungkin kesempatan terakhir. Sekali pergi, ga akan kembali.

If you love your family, and never had the chance to show them...do it…Maybe you have them there to show them how you feel. That if you don’t and they leave today, TOMORROW CAN BE TOO LATE…….

Kalo boleh nitip pesan buat opa, gue cuma mau dia tau…..”Opa,it’s already 13 years, and you are never forgotten…..”

Dan Tuhan terima kasih pernah kasih aku 10 tahun itu…. It’s a blessing…..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment