Love your parents

Warning: Postingan ini tidak bermaksud menghakimi siapapun ya, hanya mengeluarkan sesuatu yang membuat gue sangat keheranan…..

Jadi bokap gue itu punya bos yang udah tua, umurnya sekitar 70-80 an (persisnya lupa) kita panggil dia Akong dan istrinya kita panggil Ama. Jadi si Ama ini punya adik laki-laki yang udah tua juga (ya eyalah…) sebut aja Mr. H. Adik laki-lakinya ini punya istri dan anak ( lupa gue anaknya ada berapa), tapi kayaknya keluarga adiknya ini tidak terlalu harmonis . Dia tuh sering berantem sama istrinya (udah tua padahal..jiah.. ) terus anaknya juga ga mau ngurusin mereka (ck..ck..ck…).

Karena si Mr. H ini udah tua, terus suka sakit juga (penyakit orang tua lah) dan istri serta anaknya ga mau ngurusin, dibawalah dia ke sebuah panti penitipan orang tua di Bogor sama si Ama ini. Maksudnya supaya dia lebih diurusin disana dan ga berantem mulu sama istrinya, dan juga si Akong, Ama dan anak2nya ama (which is keponakannya Mr. H ini) juga kaga mau ngurusin dia lagi. 2 minggu lalu bokap gue ikut nganterin neh, sama si Akong dan si Ama beserta anak si Ama. Waktu udah dianterin kesana dia ga mau ditinggal, mungkin si Mr. H ini sedih kali ya, gitu2 kan juga orang yang punya perasaan. Di bujukin sampe malam, akhirnya mau juga di tinggal.

Nah 2 hari kemudian, pengurus pantinya nelepon ke Akong, katanya si Mr. H ini minta pulang terus pake acara mogok makan segala. Akhirnya meluncur lagi bokap gue sama Akong, Ama dan anaknya Ama kesana. Maksudnya mau nanya, si Mr. H ini maunya apa gt. Sampe disana dia bilang mau pulang aja. Tapi di nasihatin sama bokap gue dan anaknya Ama untuk tetep stay disana aja, soalnya kalo pulang juga ga ada yang mau ngurusin. Bokap gue seh sebenernya ga tega buat ninggalin dia disana, tapi mau gimana lagi, keluarganya aja ga ada yang peduli. Akhirnya gara2 dia pake acara mogok makan, doi pingsan deh. Terus doi di bawa ke RS di Jakarta pake ambulance PMI, serem juga kan bo, udah tua gitu.

Dan barusan nyokap gue sms, bilang kalo Mr. H ini udah meninggal. Ternyata doi punya diabetes, ditambah mogok makan itu jadinya gula darahnya drop. Terus kena stroke ringan, dan hari ini doi dipanggil pulang ke Rumah Bapa di Sorga. Dan yang bikin makin sedih lagi, Akong, Ama sama anak2nya pada ga mau ngurusin, malah nyuruh bokap gue yang aturin semuanya.

Sedih ga sih, udah tua, punya istri sama anak ga mau ngurusin. Terus punya keponakan ga mau ngurusin juga. Sampai meninggal aja ga ada yang ngurusin. Heran gue…..

Hal ini berbanding terbalik sama kakak ipar nyokap gue (gue panggil dia “Akim” yg artinya tante gitu). Akim gue ini ga dikaruniain anak sama Tuhan. Jadi dia cuma tinggal berdua sama suaminya (which is koko nyokap gue). Akim gue punya cici yang kena stroke. Cici-nya punya anak 2, yang satu entah ada dimana dan ga mau ngurusin nyokapnya, dan yang satu lagi baru balik dari Kalimantan pas nyokapnya sakit. Jadinya Akim gue sekarang yang ngurusin cici-nya ini mulai dari makan, mandi, buang air, terapi dll. Sampai cicinya tinggal di rumah Akim gue supaya lebih enak ngurusinnya.

Gue ga mau menghakimi siapapun. Tapi dari 2 kejadian ini gue merenung dan berjanji sama diri gue sendiri. Apapun yang terjadi di depan, gue ga akan pernah masukin nyokap sama bokap dan akim sama om gue ke panti jompo. Karena gue udah liat dan ngerasain sendiri gimana nyokap gue dan koko2n nya serta ipar2nya ngerawat oma dan opa gue waktu sakit sampe meninggal, entah pas di RS ato di rumah. Ga ada tuh terlintas di pikiran mereka buat masukin opa oma gue ke panti jompo. Sampai akhirnya waktu Opa dan Oma gue meninggal, di depan keluarga besar, nyokap gue beserta koko2 dan ipar2nya bisa bilang,” walaupun kita cape berbulan2 ngurusin mereka waktu sakit, tapi sampai di akhir hidup mereka sekarang, kita semua ga punya penyesalan, karena kita udah lakuin semua yang kita mampu buat papi sama mami.”
Buat Akim dan Om gue, mereka udah sayang banget sama gue dan adik gue layaknya seperti anak kandung sendiri. Jadi sudah seharusnya gue juga menyayangi mereka sama seperti gue menyayangi orang tua gue. Toh kita masih punya darah yang sama.

Bagaimana dengan kalian??

Blessings

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 comments:

Shintano said...

Baca ini makin menyadarkan gw betapa beruntungnya gw punya suami yang sayang sama keluarga gw. jadi ga ada kekhawatiran dalam diri gw bakal ninggalin bonyok gw. amiiinn..

Irene Amelia said...

amiiinn ta... tapi jangan suami lo yang dimasukin ke panti jompo ya... heheheheh training sono.. ;p

Post a Comment